Asuransi atau investasi duluan
Keuangan

Asuransi atau investasi duluan – itulah pertanyaan yang sering disampaikan oleh teman-teman dan juga peserta training saya. Di artikel kali ini saya akan menjelaskannya kepada kamu sesuai dengan konsep perkembangan zaman. Yuk kita lihat bareng-bareng.

Era Perkembangan Zaman

Saya suka membagi kehidupan manusia menjadi 4 zaman yaitu zaman berburu, zaman bertani, zaman industri dan zaman digital. Masing-masing zaman punya cara yang khas dalam mengelola keuangan. Pada zaman berburu prinsipnya adalah menghabiskan apa yang didapatkan, pada zaman bertani prinsipnya adalah menyisihkan apa yang didapatkan, pada zaman industri prinsipnya mengamankan uang yang disisihkan dan pada zaman digital prinispnya adalah melipat gandakan yang didapatkan.

Nah kalau kita bicara tentang mengamankan uang maka inilah yang akhirnya kita kenal dengan namanya proteksi. Jadi dengan menyimpan uang di bank orang akan mendapatkan rasa aman dibandingkan dengan menyimpan uang di rumah. Jadi apa yang dicari orang pada saat itu ? Rasa aman.

Asuransi Duluan

Nah kalau melihat konsep itu maka dapat kita simpulkan secara perkembangan zaman manusia itu lebih dulu mencari rasa aman ketimbang bagaimana melipatgandakan uang yang mereka miliki. Jadi asuransi dan investasi duluan ? Jawabannya adalah asuransi duluan.

Dalam ilmu perencanaan keuangan juga dikenal dengan 4 pilar yaitu cash flow planning, risk planning, investment planning dan pension planning. Jadi secara urutan juga risk planning lebih dulu dibandingkan dengan investment planning.

Kenyatannya ?

Tapi kenyataannya dalam kehidupan saat ini justru tampak bahwa kesadaran akan pentingnya berasuransi yang benar lebih rendah ketimbang dengan kesadaran akan investasi. Ingin mengatakan sederhananya adalah investasi itu “prioritas” asuransi “tidak prioritas”. Ini adalah konsep yang keliru karena risiko itu bisa selalu terjadi kepada kita setiap saat. Mengapa banyak yang tidak tertarik dengan asuransi ? Banyak hal mulai dari kesadaran yang salah, metoda penjualan asuransi yang tidak tepat sehingga membuat trauma banyak orang atau banyak yang mengalami kekecewaan terhadap produk asuransi yang tidak tepat sasaran.

Yuk benahi asuransi dan investasi kamu

Nah dengan artikel singkat ini semoga kamu mulai tahu asuransi atau investasi duluan. Silakan dibenahi sesuai dengan prinsip yang benar ya.

Salam,
Aku Ikut Training

Yuk ikutan training perencanaan keuangan online 100% Mahir Perencanaan Keuangan

Covid-19 Update 😷

Di masa pandemi ini kamu tetap bisa belajar Perencanaan Keuangan. Dengan uang 239 ribu kamu bisa mendapatkan membership selama 1 tahun dan zoom live training setiap minggunya !!!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *