fbpx
Investasi Logam Mulia Emas

Investasi Logam Mulia Paling Menguntungkan & Stabil Sepanjang Masa

Investasi Logam Mulia – Akuikut | Investasi logam mulia menjadi pilihan paling aman, menguntungkan, likuiditas tinggi, bebas pajak tahunan, nilainya terus meningkat, pengakuan secara global dan bisa mulai dengan nilai yang kecil.

Logam mulia seperti emas, perak, platina, paladium, rhodium, dan ruthenium merupakan jenis investasi logam mulia yang baik.  Selain langka juga memiliki nilai yang melekat dan stabil serta meningkat selama masa ketidakpastian (volatilitas) ekonomi.

Emas sebagai salah satu logam mulia yang paling banyak peminatnya dalam sepanjang sejarah karena nilainya tidak pernah turun secara nominal. Meskipun harganya juga mengalami naik turun namun secara konsisten cenderung naik secara nominal. Bahkan berdasarkan penelitian harga emas memiliki kestabilan selama ratusan tahun.

Saat awal krisis karena Pandemi Covid harga emas mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bahkan sampai berbagai pihak atau lembaga keuangan menawarkan kredit untuk investasi emas dengan tujuan kenaikan harganya untuk menutupi bunga bank. Untuk itu emas merupakan investasi terbaik yang dapat menjadi pilihan bagi setiap orang dari semua kalangan. Emas bukan hanya bisa menjadi investasi namun juga menjadi tabungan yang pencairannya sangat mudah.

Investasi Logam Mulia Emas (3)

Peraturan Jual beli Logam Mulia

Meskipun pembelian dan investasi logam mulia emas relatif mudah dan menguntungkan tetap proses jual beli emas ada aturannya.  Peraturan jual beli emas sesuai dengan :

  • PMK No 34/PMK.10/2017, untuk pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45% (untuk pemegang NPWP dan 0,9% untuk non NPWP).
  • Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 30/PMK.03/2014 PPh 22 untuk  pembelian emas batangan dengan bukti potong sesuai dengan PPN atas Penyerahan Emas Perhiasan sebesar 20% dari harga emas perhiasan (DPP Nilai lain)
  • Undang Undang No. 7 tahun 2021 tentang penyesuaian peraturan Perpajakan tarif PPN sebesar 11%, sehingga tarif efektif PPN emas perhiasan sebesar 2,2%.

Berikut harga emas mengacu pada peraturan pemerintah yang diterbitkan pada hari ini 2 Maret 2023 update 08.30:

Harga tersebut merupakan harga dasar emas batangan. Untuk bentuk dan desain lain harga sesuai dengan kebijakan pasar dan penjual. Harga tersebut bisa menjadi acuan apabila ada perbedaan harga tergantung pada masing-masing penjual dalam mengambil keuntungan dalam proses jual beli emas.

Faktor Harga Emas Akan Terus Naik Sepanjang Tahun

Faktor yang mempengaruhi investasi logam mulia emas adalah harga emas, dan sepanjang 2023 prediksi harga emas akan terus naik mengacu pada hal-hal berikut ini :

1.  Inflasi

Semakin tinggi inflasi maka semakin mahal harga emas. Pada saat terjadi kondisi inflasi masyarakat memilih membeli emas daripada menyimpan asetnya dalam bentuk uang karena nilanya cenderung stabil dan juga aman.

2. Kondisi Global

Kondisi global yang tidak menentu menyebabkan ketidakpastian ekonomi, bahkan krisis, resesi atau perang bisa terjadi kapan saja. Hal tersebut akan menyebabkan setiap orang memilih untuk mengamankan asetnya dalam bentuk emas. Pada saat ini semua orang mencari investasi aman (save haven) untuk meminimalkan risiko yang akan terjadi ditengah – tengah perubahan yang terjadi saat ini.

Investasi Logam Mulia Emas (1)

3Penawaran dan Permintaan Emas

Karena masyarakat mulai peduli investasi dan memilih emas sebagai pilihan investasi hal ini memberikan pengaruh terhadp harga emas. Hukum penawaran dan permintaan berlaku dalam jual beli emas, semakin tinggi permintaan maka harga akan semain naik. Indonesia sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar sangat terengaruh terhadap perdagangan emas dunia.

4.  Kebijakan Suku Bunga dan Kebijakan Moneter Dunia

Saat ini harga emas sangat dipengaruhi oleh kebijakan moneter dari Bank Sentral Amerika Serikat  (Federal System atau secara informal disebut The Fed). The Fed yang mengatur kebijakan dalam menaikkan dan menurunkan suku bunga, dan hal ini berpengaruh terhadap naik turunya harga emas.

5.  Harga Dolar Amerika Serikat

Harga emas Indonesia mengacu pada harga emas internasional yang konversinya mengikuti harga dolar Amerika Serikat ke dalam Rupiah. Apabila nilai dolar meningkat maka nilai emas akan naik, begitu sebaliknya apabila nilai rupiah menguat maka harga emas cenderung turun.

Dengan beberapa faktor pengaruh naik turunnya emas tersebut, investasi logam mulia emas masih tetap menjadi pilihan aman untuk investasi jangka panjang. Pergerakan kenaikan harga emas dalam waktu 5 tahun terakhir mencapai 54%.  Dalam waktu 10 tahun terakhir mencapai 64%. Dan dalam 20 tahun terakhir mencapai 375%.

Investasi Logam Mulia Emas (4)

Cara Investasi Logam Mulia Dalam Bursa Pasar

Investasi logam mulia bisa dengan berbagai cara tergantung dari keinginan setiap investor.  Apakah ingin bentuk riilnya atau ingin nilanya. Selain itu juga tergantung dari nilai invetasinya. Investasi logam mulia dapat memalui beberapa cara :

  • Membeli fisik logam mulia seperti koin, batangan, atau perhiasan. Penyimpanan emas dalam bentuk fisik bisa mengalami penurunan karena beberapa hal seperti benturan, gesekan, juga resiko keamanan.
  • Menabung logam mulia dalam bentuk tabungan tanpa menyimpan fisiknya namun mempunyai nilai fortofolio seperti memiliki emas yang bisa cair kapan saja. Bentuk investasi ini akan lebih terjamin keamanan dan nilainya.
  • Membeli saham perusahaan penambang atau yang memproduksi logam mulia. Sehingga memberi investor exposure ke pasar logam mulia tanpa memegang logam mulia secara fisik.
  • Berinvestasi pada logam mulia melalui dana perdagangan pada bursa atau reksa dana yang berfokus pada pasar logam mulia. Sehingga investor dapat menikmati eksposure yang beragam dari proses jual beli logam mulia di pasar saham.

Secara keseluruhan investasi logam mulia merupakan cara yang baik dalam melindungi aset dari volatilitas pasar dan memberikan nilai portofolio yang baik terhadap investasi yang dimiliki.

Referensi :

Training 100% Mahir Perencanaan Keuangan - Harga Khusus 99 Ribu

Training Terbaik di Indonesia 100% Mahir Perencanaan Keuangan 

Harga Khusus Untuk Anda Hari Ini Hanya 99 Ribu