beli saham atau reksadana otomatis pas gajian banner
Keuangan

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian

Beli saham atau reksadana pas gajian adalah sebuah alternatif solusi yang paling efektif untuk kamu yang mau investasi secara rutin sebelum uang gajian kamu pergi ntah kemana. 😊

Saat ini di zaman teknologi semua bisa dilakukan dengan bantuan internet dan fasilitas e-banking yang kamu miliki. Di beberapa bank seperti yang saya miliki misalkan Permata, DBS dan BCA mempunyai fasilitas untuk transfer otomatis setiap bulannya sesuai dengan tanggal gajian kamu.

Gimana sih mekanismenya untuk investasi secara rutin beli saham atau reksadana otomatis pas gajian ini? Yuk lihat gambar di bawah ini.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian

Jadi yang kamu perlu lakukan set up ada 2 yaitu :

  1. Transfer otomatis dari rekening gajian kamu ke rekening dana investor atau rekening dana nasabah kamu.
  2. Pembelian otomatis dari akun kamu di sekuritas untuk pembelian saham ataupun agen penjual reksadana untuk pembelian reksadana.

Set Up Transfer Otomatis Ke Rekening Dana Investor

Sekarang yuk kita lakukan setting transfer otomatis dari rekening gajian kamu ke rekening dana investor supaya kamu bisa beli saham atau reksadana otomatis pas gajian. Saya akan memberikan tutorial untuk pengguna BCA ya karena banyak yang punya rekening BCA tetapi belum tahu kalau ada fasilitas transfer otomatis ini. Untuk bank lainnya silakan kamu bisa eksplor sendiri ya, saya yakin koq pasti ada fasilitas transfer otomatis setiap bulan.

Untuk melakukan transfer otomatis ini kamu perlu lakukan dari BCA internet banking ya bukan dari mobile banking.

Pertama kali silakan kamu login ke internet banking BCA kamu ya seperti biasanya.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (2)

Berikutnya silakan kamu pilih menu Transfer Dana

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (3)

Berikutnya pilih menu transfer ke nomor rekening dana investor kamu. Jika rekening dana investor kamu BCA maka pilih Tranfer ke Rek BCA atau jika bank lain pilih Transfer ke Rek Bank lain Dalam Negeri.

Jika ini akun rekening dana investor ini baru pertama kali digunakan jangan lupa untuk Daftar Rekening Tujuan dulu ya.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (4)

Selanjutnya masukkan nomor rekening tujuan dan jumlah yang kamu mau transfer setiap bulannya dan kunci transfer otomatis ini ada pada bagian bawah yaitu JENIS TRANSFER. Di sana ada pilihan transfer sekarang, transfer pada tanggal dan transfer berkala.

Karena kita mau membeli saham dan reksadananya setiap bulan sekali pada saat gajian maka kamu pilih TRANSFER BERKALA SETIAP TANGGAL. Silakan kamu masukkan tanggal dimana transfer otomatis ini akan kamu lakukan. Kalau gajian kamu tanggal 25 maka saran saya lakukan transfer otomatis tanggal 26 saja supaya sewaktu proses transfer otomatis dananya sudah pasti telah tersedia.

Lalu ada pilihan Tanggal Berkahir, ini adalah batasan kapan transfer otomatis ini akan berakhir. Rata-rata bank hanya memberikan opsi transfer otomatis maksimal selama 1 tahun ke depan, silakan kamu set untuk 1 tahun ke depan.

Karena transfer otomatis ini hanya berlaku selama 1 tahun maka pastikan di tahun depan kamu melalukan hal yang sama supaya proses beli saham atau reksadana otomatis pas gajian kamu tetap berjalan.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (5)

Proses terkahir pastikan kamu masukkan kode pin kamu yang sesuai dan tekan KIRIM untuk konfirmasi persetujuan kamu untuk pembuatan proses transfer otomatis ini.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (6)

Nah, sekarang set up transfer otomatis dari rekening gajian kamu akan dilakukan secara otomatis setiap tanggal 26 setiap bulannya hingga 1 tahun ke depan.

Set Up Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian

Sekarang kamu tinggal lakukan set up pembelian otomatis di rekening tempat kamu membeli saham ataupun reksadana. Untuk proses ini tentunya mekanismenya akan berbeda-beda antara satu perusahaan sekuritas dengan yang lainnya.

Ini saya memberikan contoh berdasarkan sekuritas yang saya gunakan. Untuk kamu silakan eksplor sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan sekuritas atau agen penjual reksadana kamu ya.

Nih contoh yang saya punya, setelah login dan masukkan pin saya tinggal klik member area dan pilih layanan berkala Penempatan ReksaDana atau Penempatan Saham.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (7)

Untuk pembelian saham otomatis pas gajian maka kamu tinggal klik saja menu Tambah Investasi Berkala masukkan kode saham, jumlah nomimal yang mau dibeli dan tanggal pembelian.

Jika kamu melakukan transfer otomatis ke rekening dana investor tanggal 26 maka saran saya lakukan proses pembelian saham di tanggal 27 supaya sewaktu pembelian saham ini dana kamu sudah benar-benar masuk ke rekening dana investor kamu.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (8)

Sama halnya pembelian reksadana otomatis pas gajian maka kamu tinggal klik saja menu Tambah Investasi Berkala masukkan nama reksadana, jumlah nomimal yang yang dibeli dan tanggal pembelian.

Sama halnya dengan saham, jika kamu melakukan transfer otomatis ke rekening dana investor tanggal 26 maka saran saya lakukan proses pembelian reksadananya tanggal 27 supaya sewaktu pembelian reksadana dana kamu sudah benar-benar masuk ke rekening dana investor kamu.

Beli Saham Atau Reksadana Otomatis Pas Gajian (9)

Itulah tutorial singkat untuk kamu bagaimana kita set up beli saham atau reksadana otomatis pas gajian. Dengan sistem otomatis ini maka kemungkinan kamu lupa untuk melakukan pembelian menjadi lebih kecil dan yang pasti kamu telah mengamankan uang kamu di awal sewaktu gajian untuk dilakukan pembelian saham atau reksadana.

Artikel beli saham atau reksadana otomatis pas gajian ini dibuat oleh Andreas Hartono, CFP dan menjadi informasi pelengkap untuk membership 100% Mahir Perencanaan Keuangan.

Covid-19 Update 😷

Di masa pandemi ini kamu tetap bisa belajar Perencanaan Keuangan. Dengan uang 239 ribu kamu bisa mendapatkan membership selama 1 tahun dan zoom live training setiap minggunya !!!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *