Cara Menghitung CAGR Bunga Majemuk Tahunan Image
Keuangan

Cara Menghitung CAGR Pertumbuhan Bunga Majemuk Tahunan

Dalam investasi, salah satu ketrampilan yang harus dimiliki adalah menghitung nilai uang supaya kamu dapat mengetahui berapa nilai uang di masa mendatang, berapa uang yang harus kamu investasikan termasuk di dalamnya adalah mengetahui berapa pertumbuhan suatu produk investasi reksadana atau saham secara tahunan yang dikenal dengan istilah Compound Annual Growth Rate atau CAGR atau dikenal juga dengan Pertumban Bunga Manjemuk Tahunan.

Saya berikan sebuah contoh kepada kamu sebuah data dari fund fact sheet sebuah reksadana saham yaitu Sucorinvest Equity Fund sebagai berikut :

Cara Menghitung CAGR Pertumbuhan Bunga Majemuk Tahunan

Kemudian kita juga ketahui bahwa reksadana saham ini diluncurkan pertama kali tanggal 8 Mei 2012 dengan harga per unit standar yaitu Rp. 1.000 dan data terakhir di  30 September 2020 harga per unitnya adalah Rp 1.709.

Coba kamu perhatikan data dari gambar di atas, sejak diluncukan 8 Mei 2012 atau sekitar 8 tahun yang lalu pertumbuhannya adalah sebesar 70,99%. Tampaknya ini pertumbuhan yang tinggi, tetapi perlu dicatat ini adalah pertumbuan total atau growth rate.

Bagi saya pribadi nilai pertumbuhan total ini kurang memberikan arti yang penting karena sebenarnya yang saya perlukan adalah yang rata-rata tahunannya atau compound annual growth rate (CAGR) atau pertumbuhan bunga majemuk tahunan.

Cara Menghitung CAGR Pertumbuhan Bunga Majemuk Tahunan

Dengan mengetahui CAGR ini maka saya dapat membandingkan :

Pertama, pertumbuhan real dengan asumsi pertumbuhan yang digunakan dalam menghitung suatu tujuan investasi, misalkan dalam menghitung dana pendidikan anak dengan instrumen reksadana saham biasanya kita menggunakan asumsi pertumbuhan tahunannya di kisaran 15%.

Kedua, dengan mengetahui CAGR ini maka saya bisa bandingkan dengan instrumen investasi lainnya yang lebih pasti, misalkan dibandingkan dengan pertumbuhan deposito sekitar 4-5% per tahunnya.

Kalkulator Cara Menhitung CAGR Pertumbuhan Bunga Majemuk Tahunan

Lalu bagaimana cara menghitung CAGR atau pertumbuhan bunga majemuk ini ? Kamu harus menggunakan kalkulator khusus, tidak bisa dengan cara instan yang biasanya banyak dilakukan orang yaitu pertumbuhan total langsung dibagi jumlah tahunnnya, seperti contoh diatas 70,99 langsung dibagi 8 tahun. Itu adalah cara yang salah karena dalam investasi ini adalah bunga menjemuk atau bunga ber bunga.

Lalu gimana cara menghitung CAGR ini ? Kamu dapat gunakan rumus RATE yang ada di excel dengan notasi formula sebagai berikut :

RATE(nper, pmt, pv, [fv], [type], [guess])

Kamu dapat memasukkan nilai nper atau lama periode investasi, pv atau present value dan fv atau futre value.

Kalau kamu bingung bagaimana cara menggunakannya, tenag saja sudah disediakan kalkulator CAGR yang telah dibuat oleh Andreas Hartono, CFP Founder Aku Ikut Training khusus untuk kamu. Link kalkulator ada di bagian bawah artikel ini.

Gimana cara menghitung CAGR atau pertumbuhan bunga majemuk tahunan ini ? Yuk kita ikuti panduan sederhananya berikut ini dengan menggunakan data reksadana di atas.

Cara Menghitung CAGR Pertumbuhan Bunga Majemuk Tahunan

Pertama, kamu masukkan dulu data-datanya di bagian yang berwarna hijau yaitu :

  • Harga awal dalam hal ini adalah harga reksadana tersebut diluncurkan yaitu 1.000
  • Tanggal awal yaitu tanggal reksadana ini diluncurkan yaitu 8 Mei 2012
  • Harga akhir, dalam hal ini adalah 1709
  • Tanggal terkahir yaitu 30 September 2020

Setelah kamu memasukkan data di atas maka kalkulator ini akan otomatis menghitung dengan hasilnya yaitu usia reksadana ini 8,4 tahun dan CAGR atau pertumbuhan bunga tahunannya adalah 6,59%.

Analisis Data CAGR

Nah sekarang dengan mengetahui pertumbuhan rata-rata per tahunnya hanya 6,59% maka kamu bisa melakukan analisis lebih lanjut misalkan apakah sama dengan asumsi yang telah kamu lakukan atau kamu bisa bandingkan dengan deposito yang ternyata hasilnya atau bunganya tidak telalu jauh berbeda.

Dengan mengetahui CAGR ini dan jika dibandingkan dengan asumsi pertumbuhan investasi hasilnya lebih rendah maka artinya di tahun berikutnya kamu perlu melakukan penambahan dana investasi rutin kamu atau malah mengganti dengan produk lainnya yang lebih menguntungkan.

Untuk kamu yang ingin belajar lebih detail tentang perencanaan keuangan, silakan kamu dapat bergabung dalam membership 100% Mahir Perencanaan Keuangan, dengan menjadi member maka kamu akan mendapatkan banyak sekali menfaat mulai dari akses ke video e-learning, zoom live training dan tentunya personal coach dengan Andreas Hartono, CFP.

Link download kalkulator cara menghitung CAGR atau pertumbuhan bunga majemuk tahunan.

Kalkulator ini hanya dapat diakses oleh excel dengan basis extention xlxs, jadi pastikan excel kamu support untuk dapat menggunakan kalkulator ini dengan baik.

Untuk yang mau akses materi yang sama di video youtube silakan saksikan dari video berikut ini ya.

Salam,
Andreas Hartono, CFP
Founder Aku Ikut Training

Covid-19 Update 😷

Di masa pandemi ini kamu tetap bisa belajar Perencanaan Keuangan. Dengan uang 239 ribu kamu bisa mendapatkan membership selama 1 tahun dan zoom live training setiap minggunya !!!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *