fbpx

Investasi Logam Mulia Emas Untuk Semua Kalangan

Investasi Logam Mulia Emas

Sejak zaman kakek dan nenek saya dulu dengan modal pendidikan yang sangat rendah ternyata mereka dapat melakukan investasi lewat sebuah produk yang bernama emas. Artinya apa ? Berinvestasi logam mulia emas merupakan investasi yang sangat mudah untuk dilakukan bahkan di zaman digital ini kita dipermudah dengan proses pembeliannya yang dapat dilakukan di harga sekitar 10 ribu saja.

Investasi Logam Mulia Emas (1)

Mengapa Investasi di Logam Mulia Emas?

Emas merupakan investasi tradisional yang artinya sejak zaman dahulu kala sudah ada dan hingga kini masih sangat relevan. Paling tidak ada 2 alasan utama mengapa kita perlu berinvestasi di Logam Mulia Emas.

Pertama, emas merupakan hasil bumi dimana jumlahnya tidak akan bertambah tetapi kebutuhan akan emas setiap tahunnya semakin tinggi. Artinya emas merupakan sebuah logam yang langkah sehingga diyakini nilainya akan terus bertumbuh di masa mendatang.

Kedua, kalau melihat data harga emas global selama 16 tahun terakhir mulai dari tahun 2005 sampai dengan 2020 ternyata ada 11 tahun dimana emas mengalami kenaikan dan hanya 5 tahun emas mengalami penurunan. Gimana, apakah logam mulia emas merupakan investasi yang menjanjikan untuk masa mendatang.

Investasi Logam Mulia Emas (2)

Pertumbuhan investasi logam mulia emas

Kalau saya melihat data dan beberapa referensi menyebutkan bahwa di tahun 1994 harga emas itu sekitar 12 ribu per gram sedangkan di tahun 2009 sekitar 328 ribu dan di tahun 2019 sekitar 710 ribu.

Nah dengan data tersebut kalau kita menggunakan rumus bunga compounding atau bunga majemuk maka dalam 10 tahun terakhir emas itu mengalami kenaikan rata-rata sekitar 8% per tahun dan 35 tahun terakhir sekitar 12% per tahun.

Jika dibandingkan dengan investasi lainnya seperti saham atau reksadana ternyata pertumbuhan investasi logam mulia emas ini cukup menjanjikan. Gimana sudah ready untuk memulai investasi logam mulia emas untuk tujuan jangka penjang?

Investasi Logam Mulia Emas (3)

Beli mobil tapi pakai cicilan emas, memangnya bisa?

Sebenarnya ini adalah sebuah prinsip yang genius bagaimana memanfaatkan emas yang memiliki kecenderungan bertambah nilainya untuk membeli sebuah barang seperti mobil yang nilainya justru berkurang setiap tahunnya.

Gimana caranya ? Yuk kita lihat dengan ilustrasi berikut ini.

Misalkan kamu mempunyai emas 200 gram atau setara sekitar 180 juta saat ini. Kemudian kamu membeli mobil seharga 180 juta maka silakan ke Pegadaian lalu gadaikan emas kamu dan bayar cicilan setiap bulannya selama 3 tahun.

Jika bunga gadai 15% per tahun dan kenaikan harga emas diasumsikan 12% per tahun maka kamu hanya membayar bunga 3% saja yang hampir setara dengan suku bunga kredit kendaraan bermotor jika kamu mencicil mobilnya di lembaga pembiayaan.

Setelah 3 tahun maka cicilan emas selesai dan emas kamu kembali plus kamu mendapatkan mobil. Jika harga emas ini nilainya bertambah cukup signifikan maka seolah-olah kamu mendapatkan mobil secara nyaris gratis loh. Masuk akal ?

Investasi Logam Mulia Emas (4)

Risiko Investasi Logam Mulia Emas

Setiap investasi pasti ada risikonya, termasuk investasi di logam mulia emas ini.

Ada paling tidak 3 risiko yang akan kamu hadapi yaitu:

Pertama, risiko fluktuasi harga dan selisih harga jual beli sehingga ketika kamu beli emas untuk tujuan jangka pendek kemungkinan kamu akan mengalami kerugian.

Kedua, risiko kehilangan terutama untuk kamu yang investasi emas secara fisik, sehingga kamu harus memikirkan bagaimana caranya untuk menyimpan emas ini secara aman.

Ketiga, risiko emas palsu jika kamu membeli emas dari sumber yang tidak jelas atau investasi emas di lembaga yang terjadi bodong.

Meskipun ada risiko tersebut harusnya kalau kamu kelola dengan baik maka investasi logam mulia emas ini masih tetap menjanjikan bukan?

Investasi Logam Mulia Emas (5)

Cara investasi logam mulia emas di zaman digital

Sebelum kamu memulai investasi emas ada baiknya kamu miliki dulu mindset sebagai berikut yaitu “sedikit sedikit beli emas, beli emas sedikit sedikit”.

Sebuah quote yang sangat simple tetapi sangat powerful untuk kamu yang mau investasi di logam mulia emas.

Ada banyak cara untuk investasi logam mulia emas antara lain :

Pertama, membeli emas fisik secara tunai yang dapat kamu lakukan di toko emas ataupun Pegadaian dengan modal saat ini sekitar 900 ribuan per gram.

Kedua, membeli emas fisik tetapi secara cicilan yang dapat kamu lakukan di Pegadaian mulai dari emas seberat 5 gram dengan jangka waktu cicilan hingga 3 tahun.

Ketiga, menabung emas melalui pegadaian dimana kamu tidak akan mendapatkan emas secara fisik tetapi setiap kamu menabung maka uang kamu akan dikonversikan dalam bentuk gramasi emas sesuai dengan harga sewaktu kamu beli. Cara ini termasuk yang cocok untuk kamu para milenial ataupun investasi pemula karena hanya membutuhkan modal seharga 0,01 gram emas atau sekitar 9 ribuan saja saat ini.

Gimana sudah siap untuk berinvestasi logam mulia emas sekarang?

Artikel investasi logam mulia emas ini ditulis oleh Andreas Hartono, CFP berdasarkan zoom live training yang diselenggarakan oleh Aku Ikut Training bersama dengan topik “Investasi Logam Mulia Emas” bersama Bapak Darmawan Setiadi (Vice President Audit Development Pegadaian).

Untuk kamu member di 100% Mahir Perencanaan Keuangan dapat mengakses video zoom recordingnya melalui link ini dan untuk yang belum menjadi member silakan klik Membership

Video Cuplikan Zoom Live Training

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *